Eddybudianto’s Weblog


PEDOMAN PEMBINAAN SISWA AMPUH, TANGGUH, BERWIBAWA
Maret 29, 2011, 2:10 am
Filed under: Tak Berkategori

Setiap pendidik dalam arti luas pasti menginginkan anak didiknya berhasil. baik berhasil dalam menjalankan proses pembentukkan diri, pematangan diri dan kemandirian hidup untuk mencapai cita-cita abadi yaitu kebahagiaan dunia akhirat, namun apakah kita sudah mempunyai suatu pola pembinaan yang dimaksud itu sebagai pegangan dalam melangkahkan kaki untuk melakukan pembinaan itu.
Sebagaimana kita ketahui bahwa perkembangan penduduk yang semakin pesat dan didorong pula oleh keberhasilan program Keluarga berencana, pembinaan kesehatan dan Lansia, maka popolasi manusia semakin bertambah signifikan. Hal ini mendorong pula tingkat persaingan antar manusia dalam mempertahakan dan meningkatkan kualitas hidupnya semakin ketat.
Oleh sebab itu sangat perlu untuk memberikan pembekalan hidup kepada generasi berikutnya, sehingga mereka dapat survival atas kemampuan dirinya sendiri.
Apakah yang harus kita perbuat untuk memberikan pembekalan bagi generasi penerus ini ?
pertanyaan yang mudah, namun untuk menjawabnya mungkin diantara kita beragam solusinya. baik itu datangnya dari pengalaman pribadi dalam menjalankan kehidupannya dimasa lalu, kemudian diestafetkan begitu saja kepada generasi penerusnya seadanya. atau dari berbagai macam teori dan praktek kehidupan yang dikombinasikan dan menjadikan pola tertentu untuk tanpa disadarinya telah melakukan indoktrinasi, sehingga tercipta generasi yang terpola sedemikian rupa menjadi generasi penurut tanpa inisiatif. Atau seutuhkan menerapkan temuan para peneliti tentang pembentukkan kepribadian pada anak kita.
Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan sebagian pengetahuan tentang pembentukkan siswa menjadi Ampuh, Tangguh dan Berwibawa.
Formula yang saya tawarkan sebagai bahan urun rembuk atau sumbang saran saya beri rumus TKK DJIITTU LO.
Apakah isi dari rumus tersebut ???
Apakah tam,an kanak-kanak yang jitu/bagus ?? atau taman kanak-kanak yang ampuh ??? atau apa ??
T = Taqwa. setiap insan manusia haruslah yakin bahwa hidup dan mastinya sudah ditentukan oleh Tuhan Yang Masa Esa. Ada yang mengaturnya, bukan dirinya, bukan orangtuanya bukan saudaranya atau lingkungan masyarakatnya. Dialah Tuhan Yang Maha Esa, dimana kita berasal dari-NYA dan akan kembali pada-NYA. Oleh sebab itu syarat mutlak pertama yang harus diberikan pandangan ini kepada siswa adalah kita harus ber-Taqwa Kepada Tuhan Yang Mahas Esa. apapun agamanya. seperti negara kita Indonesia dalam Pancasila tercantum yang pertama paham ini, yaitu : Ketuhanan Yang Masa Esa.
K = Kerja keras. KIta harus melakukan tindakan segera, yaitu berusaha sekuat tenaga untuk membuktikan keTaqwaan tadi. bekerja keras tanpa pengecualian. Berjuang seoptimal mungkin, tanpa leha-leha….
K = Kerjasama. Selalu menjalin kebersamaan dengan membangun semangat jaringan dalam memperjuangan cita-cita pribadi maupun bersama.
D = Disiplin, tanggungjawab dan menghargai waktu. dia tidak melakukan tindakan yang sia-sia, waktu yang tersedia untuknya harus memberikan manfaat seluas-luasnya untuk dirinya. ketiak dirinya sudah merencanakan sesuatu untuk hidupnya yang akan datang, maka dia berusaha sekuat tenaga untuk menepatinya, meskipun terasa berat awalnya. setiap ketentuan yang berlaku disekitar hidupnya berusaha dipatuhi dengan penuh rasa tanggungjawab dan tepat waktu sesuai dengan yang seharusnya dilakukan.
J = Jujur. Selalu berusaha apa adanya, tidak melakukan manipulasi apapun terhadap apa yang seharusnya, telah dan sedang terjadi, disikapi apa adanya sebagaimana adanya dan demikainlah adanya. Artinya berlaku tidak berbohong baik itu terhadap dirinya sendiri, keluarga, lingkungan masyarakatnya, bahkan yang paling utama adalah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena Dia Maha melihat, Maha mendengar, Maha mengetahui apapun yang telah, sedang dan akan terjadi, dan Maha Pengasih Penyayang.
I = Inisiatif. berusaha melakukan sesuatu lebih dulu dari orang lain. apabila menghadapi situasi dan kondisi dalam hidupnya selalu bertindak lebih dulu dari orang lain untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi, tanpa menunggu dan harus diminta dulu oleh orang lain.
I = Inovatif. bertindak melakukan terobosan baru dalam menyelesaikan dan mendapatkan solusi terbaik ketika menghadapi permasalahan baik sendiri maupun bersama yang lain.
T = Tekun. selalu istiqomah, dan tetap menjalankan tugasnya sebaik mungkin meskipun mendapatkan tantangan dan hambatan yang luar biasa sekalipun. sehingga tugas yang dijalankan itu dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya.
T = Tawakal. meneruskan dengan Tekun diatas, yang terpenting setelah melaksanakan sesuatu itu dengan istiqomah, maka dia haruslah berserah diri kepada Sang Maha Pengasih dan Penyayang, Tuhan Yang Maha Kuasa. karena tanpa seizin-NYA, mustahil akan terjadi. Oleh sebab itu setekun melakukan sesuatu sampai tuntas, maka berikutnya kita harus Tawakal kepada Sang Maha Pengasih maupun Penyayang.
U = Ulet. sesuatu yang dijalaninya itu dalakukan dengan keteguhan hati, meskipun hambatan dan tantangan yang menerpanya, dia tetap pada upayanya tanpa mengeluh.
L = Loyal. apapun yang terjadi dia harus mempunyai kepatuhan diri yang digambarkan dalam tindakan pengabdian yang tiada mendua. baik layal terhadap rencana/tujuan dirinya, terhadap kelompok masyarakat dimana dia bergabung dalam rangka memperjuangkan kebaikan, dan yang paling utama kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.
O = Optimistis dan percaya diri. Sikap diri yang positif selalu ditanamkan pada dirinya sehingga dalam menghadapi sesuatu tidak gentar, selalu percaya diri dan optimis akan meraih kemenangan dalam perjuangannya.
Demikian formula yang dapat dijadikan pedoman dalam membina siswa menjadi manusia yang ampuh tangguh dan berwibawa.
Mengapa menjadi Ampuh dan tangguh ? karena siswa telah mempunyai bekal disiplin, ulet, kerja keras, kerjasama, inisiatif dan kreatif, dll.
Mengapa siswa disebut Berwibawa ?? karena dia sudah berbekal kejujuran, Optimisme, tanggungjawab, dll sehingga dia akan menjadi orang yang mempunyai prinsip yang kuat sehingga akan disegani dan menjadi wibawa dilingkungannya.
Apakah anda sependapat dengan tulisan ini ?? dan tentunya bersedia memberikan tambahan penjelasnnya menurut pendapat anda ??
Atau anda masih tidak sependapat dengan saya ?? silahkan memberikan masukan agar tulisan ini dapat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan…..
Terimakasih anda sudah bersedia membaca dan bergabung dalam pemikiran ini, semoga bermanfaat bagi orang lain.


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: